Friday, October 25, 2019

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Internasional


GXSBOBET - Sekarang Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling disukai nomor wahid di dunia ini. Di tiap kejuaraan olahraga, tentu anda akan menemui type olahraga yang satu ini dengan beberapa supporter/simpatisan. 

Di wilayah perkotaan, pedesaan, serta di pelosok-pelosok sekalinya akan gampang didapati masyarakat-masyarakat yang mainkan bola, terutamanya anak muda. 

Keahliannya jadi olahraga terfavorit tidak bisa dipisah dengan riwayat sepak bola yang sudah tertera lama. Sebelum mengulas tentang riwayat sepak bola, sebaiknya kita pelajari hakekat sepak bola itu terlebih dulu. Sepak Bola Online terbagi dalam kata “Sepak” serta “Bola”. 

Kata “Sepak” bermakna menendang (dengan memakai kaki), sedang “Bola” adalah salah satunya alat permainan dengan bentuk bundar serta dibuat berbahan karet, kulit, atau yang lain. 

Hingga hakekatnya ialah satu olahraga yang diterapkan dengan menendang bola lewat kaki serta digiring bebas untuk memasukkan ke gawang musuh. Permainan sepak bola dikerjakan oleh 2 team yang sama-sama bersimpangan. 

Ke-2 team itu semasing terdiri atas pemain utama yang sejumlah 11 orang dan pemain pengganti sejumlah sebagian orang. Masing-masing team berupaya untuk memperoleh gol (sepakan masuk ke gawang) yang sebanyaknya ke gawang musuh untuk meraih kemenangan. 

Ada banyak catatan riwayat yang memicu karakter permainan sepak bola serta kenapa sepak bola sampai sekarang jadi yang paling populer. Riwayat sepak bola di nusantara ini dibagi jadi 2, yaitu riwayat sepak bola internasional serta riwayat sepak bola Indonesia. Berikut dibahas dengan detil runtutan sejarahnya sampai hingga di Indonesia. 

Riwayat Sepak Bola Internasional 
Sejarah Sepak Bola
Semula sepak bola ialah berasal di luar Indonesia. Sepak bola alami perubahan demikian rupa sampai karakter permainannya seperti saat ini. Hingga riwayat sepak bola internasional dibagi jadi 2, yaitu riwayat sepak bola kuno serta riwayat sepak bola kekinian. Berikut penjelasannya : 

1. Riwayat Sepak Bola Kuno 
Riwayat sepak bola kuno bisa dijelajahi dari satu negara bernama China, persisnya pada saat Dinasti Han yang berjalan di antara era ke-2 atau era ke-3 sebelum diterapkannya penanggalan Masehi. Sepak bola waktu itu memakai bola kulit serta gawang yang berjaring kecil, hingga untuk memasukkan cukup susah. 

Nama permainan sepak bola di jaman itu diberi nama “Tsu Chu”. Tidak hanya di China, olahraga semacam ini diketemukan di Jepang dengan nama “Kemari”, yaitu permainan yang dikerjakan dengan menggiring bola yang dibikin dari kulit kijang. 

Olahraga yang juga sama diketemukan di wilayah lain seperti Romawi, Inggris, Amerika Utara, serta Mesir Kuno. Seterusnya, permainan sepak bola kuno berkembang sampai jadi permainan sepak bola kekinian. 

2. Riwayat Sepak Bola Kekinian 
Dimulainya sepak bola ini diikuti dengan berdirinya satu organisasi perkumpulan sepak bola yang berpusat di Football Assocation Freemason’s Tavern, London, Inggris. 

Pada pertemuan itu diputuskan satu ketentuan tunggal permainan sepak bola, yang seterusnya diikuti oleh asosiasi sepak bola dari Wales, Skotlandia, serta Irlandia. Selanjutnya Asosiasi-asosiasi itu membangun International Football Association Board (IFAB) jadi perkumpulan yang semakin besar untuk mengurus ketentuan sepak bola dunia. 

Sepak bola makin berkembang serta selanjutnya dibangun Federation Internasional de Football Association (FIFA) di Kota Paris, Prancis yang dicetuskan pada tanggal 21 Mei 1904. Persaingan sepak bola yang dibuat saat itu masih termasuk jadi olimpiade dengan kanggotaan yang terus makin bertambah. Sebab perubahan yang cepat, sepak bola pada akhirnya sampai di daerah Nusantara. 

Riwayat Sepak Bola Indonesia 
Sejarah Sepak Bola
Sepak bola di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kunjungan bangsa lain yang lakukan perdagangan atau penjajahan. Pertama-tama sepak bola di Indonesia diperkenalkan oleh Cina yang ingin memberikan superioritas mereka supaya tidak kalah dibanding beberapa negara eropa. 

Ini dapat dibuktikan dari terbentuknya banyak perkumpulan yang dibangun, diantaranya UMS Jakarta. Sepak bola Indonesia alami perkembangan yang hebat sampai bisa meluncur pada arena Piala Dunia Tahun 1938. 

Sebelum masuk acara piala dunia, Indonesia sudah membuat satu asosiasi yang menanungi semua team sepak bola yang berada di Indonesia, yaitu Persatuan Sepak bola Semua Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. 

Tokoh penting di balik berdirinya PSSI ialah Soeratin Sosrosoegondo. Pada perubahannya, PSSI sudah memperluas persaingan Sepak Bola Negeri salah satunya dibentuknya Liga Super Indonesia, serta beberapa nama perkumpulan sepak bola yang lain. 

Seterusnya PSSI membuat persaingan sepak bola wanita dan persaingan dengan kelompok umur-umur tersendiri (U-15, U-17, U-19, U-21, serta U-23). Serta selanjutnya banyak muncul tim-tim baru di Indonesia sampai saat ini. 

Itu selintas riwayat sepak bola di internasional atau di Indonesia. Tidak hanya pelajari sejarahnya, tidak komplet bila tidak mengulas sistematika permainan. Semuanya tentang karakter permainan sepak bola akan dipelajari dalam materi sepak bola.

Materi Sepak Bola 
Sejarah Sepak Bola
Sepak bola mempunyai beberapa materi yang banyak sekali. Dalam bahasan kesempatan ini akan kami batasi dalam bahasan tentang materi tehnik fundamen dalam permainan sepak bola. Berikut beberapa materi sepak bola sebagai fundamen permainan sepak bola. 

1. Tehnik Menendang Bola 
Tehnik menendang bola bisa disimpulkan jadi tehnik sentuh serta menggerakkan bola dengan kaki. Kelompok tehnik ini dibagi jadi 3 yaitu tehnik menendang bola dengan kaki sisi dalam, tehnik menendang bola dengan kaki sisi luar, tehnik menendang bola dengan kaki sisi punggung. 

2. Tehnik Hentikan Bola 
Tehnik mengentikan bola adalah satu pergerakan untuk meredam atau hentikan pergerakan bola yang ke arah kita. 

Kelompok tehnik ini dibedakan jadi tehnik hentikan bola dengan kaki sisi dalam, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi luar, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi punggung, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi telapak, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi paha, tehnik hentikan bola dengan dada serta perut, tehnik hentikan bola dengan kepala. 

3. Tehnik Menggiring Bola 
Tehnik menggiring bola sesuatu tehnik menggerakkan bola ke depan dengan pelan-pelan dengan macam pergerakan ke samping sekalian lari jaga supaya bola masih dalam perebutan pemain. Menggiring bola bisa dikerjakan dengan kaki kanan, kaki kiri, serta keduanya dengan berganti-gantian. Dalam menggiring bola harus juga dilihat beberapa pemain di muka yang akan merampas bola 

4. Tehnik Sundul Bola 
Tehnik sundul bola adalah tehnik menggerakkan bola dengan memakai sisi kepala, terutamanya dahi. Pergerakan ini bisa digunakan saat bola melayang-layang di udara atau membumbung ke arah anda. Tehnik tandukan biasa dikerjakan oleh pemain di daerah kotak penalti dengan arah untuk meningkatkan gol ke gawang musuh. 

5. Ketentuan Permainan Sepak Bola 
Sepak bola mempunyai ketentuan tertentu dalam permainannya. Setiap team terbagi dalam 11 orang pemain utama dengan pembagian 10 pemain inti serta 1 kiper, dengan beberapa pemain pengganti yang siap diperlukan untuk gantikan pemain utama. Permainan ini di pimpin oleh satu orang wasit serta dibantu oleh 2 hakim garis dengan durasi 2×45 menit, serta bisa dikerjakan waktu perpanjangan jika hasilnya imbang. 

Itu selintas pengetahuan tentang olahraga sepak bola yang mendunia. Olahraga ini mempunyai catatan riwayat panjang sampai menebar serta disukai di penjuru dunia. Riwayat sepak bola sampai masuk ke Indonesia tidak lepas dari bangsa lain yang lakukan perdagangan atau penjajahan. 


Sepak bola sendiri mempunyai banyak materi yang butuh dikendalikan. Materi sepak bola yang umum dipelajari jadi praktik ialah tehnik fundamen dalam permainan sepak bola. Jika anda tertarik pelajari sepak bola lebih dalam, anda bisa pelajari beberapa tehnik spesial dalam bermain sepak bola. 

No comments:

Post a Comment